Thursday, August 28, 2014

Bintang Radler: Aromatik bir setengah hati

Semua orang pasti kenal bir dengan merk Bintang ini. Setelah mengeluarkan bir zero, bir tanpa alkohol, kini Bintang memasarkan Bintang Radler.

Dengan adanya Bintang Zero dipasaran, kebanyakan penikmat bir bertanya-tanya apa kegunaan bir ini. Apa yang dinikmati dari bir dengan zero alkohol ini? mengkonsumsi bir ini sama saja minum air yang beraroma bir dan berakhir dengan perut kembung tanpa ada efek akhir terpengaruh alkohol. Nothing fun with that.

Sama seperti Bintang Zero, Bintang Radler pun berevolusi sejalur seperti saudara tuanya. Hanya bedanya rasa Radler ini dikombinasikan dengan rasa jeruk, walau tetap mengandung alkohol 2% ABV.

Sebelum mencicipinya berharap kwalitas Radler ini bisa menyamai rasa dan aromatic bir produksi luar negeri, namun harapan itu kandas. Bir aromatic produksi luar negeri, ambil contoh saja merk Samuel Adams dengan Old Fezziwig Ale diproduksi seasonal dan pembuatannya dengan cara di "infuse" untuk menghasilkan aroma tertentu. Jenis bir Ale ini,  mempunyai aroma kombinasi cinnamon, jahe dan orange.

Dalam proses pemasakannya semua ingredients tersebut dicampur bersama wort dan hops, dimana pada akhirnya aroma tersebut akan berbaur, menyatu  "infused" dan terbawa dalam fermentasi dan hingga proses akhir bir dalam kemasan. Perpaduan rasa dan aroma akan terasa menyatu, mild dan refreshing pada tiap tegukan.

Apa yang dirasakan dalam Radler ini berbeda. Terlalu manis untuk sebotol bir sehingga menghilangkan rasa orisinil bir, dan rasa jeruknya terlalu kuat sampai2 kita berpikir yang kita minum ini orange juice or lime juice? Sepertinya apa yang dilakukan Bintang dalam memproduksi Radler ini tidak menggunakan cara "infuse" seperti apa yang dilakukan oleh para Craft Beer Brewery. Bintang mengambil jalan yang mudah, hanya sekedar mencampurkan Bir Bintang, essense aroma orange dan gula dengan komposisi yang tepat untuk mendapatkan rasa dan aroma seperti yang terdapat didalam tiap botol Bintang Radler. As simple as that.

Anda sendiri dapat juga membuat bir aromatik dengan cara seperti itu, bahkan lebih bervariasi dengan berbagai macam rasa sesuai selera. Ambil saja sebotol Bir Bintang lalu campurkan dengan sirup rasa kesukaan anda, bisa rasa melon, strawberry, nanas, dan rasa apapun yang menjadi kesukaan. Gampang.
Minum sirup dengan bir memang enak, begitu juga Radler, manis.

Tetapi penikmat bir sejati tidak menikmati aromatik bir dengan cara seperti itu.
Haram ;-))


6 comments:

  1. aluu gan..nanya .. kalo bir radler air dalam botol nya kerung ga ya..atau jernih? soale ak beli kok kayak ada kotoran dalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarinya itu bro..ada kok tertulis di labelnya..

      Delete
  2. maksud sy ..sy beli pas ditrawang kok agak keruh ada beberapa kotoran, ap itu sari lemon ?

    ReplyDelete
  3. hahaha...akhiran artikelnya itu lhooo...haram!... aku bukan penikmat beer, gak suka malah... tapi desember kemaren pas BBQ rame2 ada yg stock radler, aku coba eh enak... itu pertamakalinya minum beer.

    ReplyDelete
  4. udah beli banyak eh taunya haram

    ReplyDelete